Cara Membuat Form Pendaftaran Online Dengan Google Docs

Cara Membuat Form Pendaftaran Online Dengan Google Docs – Google Formulir, atau Google Formulir, adalah program administratif milik Google yang menyediakan aplikasi online, survei, kuis, kuis, dan undangan. Khusus untuk akun pribadi, platform ini bisa digunakan secara gratis.

Seperti yang diketahui semua orang, kondisi saat ini tidak memungkinkan adanya kontak fisik. Tugas akhir (disertasi) tetap harus dilanjutkan meskipun berbagai kegiatan tahunan seperti masa penerimaan mahasiswa baru, ujian/ujian. Google Form bisa menjadi solusinya.

Cara Membuat Form Pendaftaran Online Dengan Google Docs

Tak perlu khawatir, seluruh informasi atau data yang diisi responden otomatis tersimpan dan aman di Google Drive. Setiap orang yang memiliki akun Gmail pasti mempunyai akun Google Drive. Buka saja tautan ini https://drive.google.com.

Bisa Di Handphone Atau Pc, Ini Tutorial Cara Membuat Google Form Terbaru

Bagi yang menginginkan keamanan ekstra dan kontrol khusus, Anda dapat menggunakan akun bisnis. Kondisi tersebut harus ditulis ke folder yang ditentukan oleh Google. Caranya dengan akun G Suite atau akun Google One (Google Drive berbayar).

Apakah sulit membuat formulir di Google Formulir? Tapi tidak. Cara menggunakan Google Form untuk membuat formulir pendaftaran pendidikan, acara formal, dan acara online informal.

1. Sebaiknya menggunakan komputer/laptop untuk membaca. Pertama, pastikan Anda masuk ke akun Gmail pribadi Anda. Jika Anda belum login, Anda tidak dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Buka tautan yang diberikan di sini https://www.google.com/intl/id_id/forms/about/. Pilih “Akun Pribadi” di sebelah kiri. Klik tombol “Buka Google Formulir”. Lalu pilih Templat formulir yang sesuai dengan aplikasi bisnis Anda. Buka Galeri Template untuk lebih jelasnya seperti gambar di bawah ini.

Membuat Formulir Ppdb Online

3. Ada juga alternatif template “kosong”. Hal ini untuk membantu mereka yang ingin bekerja sendiri. Tipsnya adalah memilih template dengan tanda berwarna “+” yang bertuliskan “Kosong”. Lihat gambar di atas untuk lebih jelasnya.

4. Untuk mempermudah, setelah melihat dan menjelajahi berbagai templat di menu Galeri Templat, sebaiknya pilih templat kosong untuk dijelajahi. Kemudian masukkan nama pada kolom formulir tanpa judul dan deskripsi formulir pada kolom Deskripsi Formulir seperti gambar di bawah ini.

5. Tambahkan foto, logo, gambar atau sejenisnya pada header/bagian atas halaman untuk menimbulkan kesan resmi. Caranya klik icon palet warna seperti gambar dibawah ini. Kemudian klik tombol “Pilih Gambar” di bagian “header”. Klik tombol “UPLOAD” untuk mengupload gambar dari file ke laptop Anda. Unggah file gambar dan klik tombol Terapkan.

6. Sebaiknya dipasang gambar brosur pendaftaran, brosur atau sejenisnya sebelum Anda diinstruksikan untuk mengisi dan mengunggah file ke kolom formulir yang akan dibuat. Caranya klik icon Tambah Foto seperti gambar dibawah ini. Klik tombol tiga titik di sudut kiri atas gambar untuk memotong gambar.

See also  Cara Menarik Uang Ke Paypal

Cara Membuat Sertifikat Online Dengan Google Form

7. Klik pada kotak di bawah seperti yang ditunjukkan oleh panah merah di bawah. Kemudian, ketikkan pertanyaan, permintaan, atau perintah yang diperlukan di kolom “Nama Pertanyaan”. Klik “Opsi 1” untuk memilih jawaban yang diinginkan (jika ada pilihan ganda, centang kotak atau lewati pertanyaan).

8. Klik tombol “Pilihan Ganda” untuk memilih model respon yang diinginkan. Jawaban bisa berupa pilihan ganda, checkbox, drop down, upload file, jawaban singkat, jawaban panjang, skala, tanggal dll. Mungkin

9. Jangan lupa klik tombol “Wajib” jika menjawab pertanyaan bersifat wajib. Tampilannya seperti gambar di bawah ini.

11. Perhatikan gambar di bawah ini. Ada banyak template respons yang disediakan oleh Google Forms. Pilih sesuai dengan pertanyaan yang diberikan.

Tips Membuat Google Form, Sangat Mudah Dilakukan!

12. Anda juga dapat memberikan tipe respon berupa perintah untuk mengupload file. Baik itu dokumen (PDF, Ms Word dll), gambar, audio dan video. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

13. Sebelum membagikan tautan atau link kepada publik atau orang yang ditunjuk, sebaiknya gunakan menu “Preview” atau lihat ikon “satu mata” seperti gambar di bawah ini.

14. Setelah membaca dan meninjau semuanya, jika Anda memutuskan layak untuk didistribusikan, langkah selanjutnya adalah mengklik tombol “Kirim” di pojok kanan atas. Kemudian cari menu “Connection” dengan mengklik ikon rantai anak seperti gambar di bawah ini. Kemudian klik tombol “Copy” untuk menyalin (copy) atau memperpendek link.

16. Untuk meninjau jawaban dari informasi yang diberikan, Anda dapat melihat menu Jawaban di sebelah kanan menu Pertanyaan. Anda akan melihat berapa banyak balasan yang diterimanya. Secara singkat, tunjukkan jawaban berdasarkan pertanyaan dan orang yang menjawabnya.

Cara Membuat Formulir Pendaftaran Online Di Google Formulir

Anda cukup membuka https://drive.google.com untuk membuka formulir yang dihasilkan. Kemudian cari form yang dibuat di menu “Drive Saya”. Anda dapat mengklik kanan nama formulir “File” dan memilih “Ganti Nama”.

Membuat formulir di Google Formulir itu mudah. Namun memerlukan banyak waktu, ketelitian dan kesabaran. Mulai dari pelajar SMA hingga senior yang paham komputer, pasti bisa.

Untuk mengenal saya secara utuh dan terbuka, Google saya: Rifqi Amin. Saya seorang dosen dan blogger. Berasal dari Kediri, Jawa Timur. Ia tinggal di Malang sejak tahun 2015. Jikme-Jik bekerja di Desa Jetis, Kecamatan Dau, Provinsi Malang pada tahun 2015 hingga 2017 dan menetap di Malang sejak tahun 2017. Email 1: rifqi@dolanku.com Email 2: rifqi@ Masih kesulitan mengumpulkan data? Survei, formulir pendaftaran, dll. Atau tetap melakukannya secara manual, misalnya dengan kertas? Jika iya, kami menawarkan solusi untuk masalah tersebut, kali ini menggunakan versi digital. Cara Membuat Formulir Digital Menggunakan Google Form

See also  Cara Transfer Saldo Shopee Ke Linkaja

Langkah pertama buka halaman Gmail dan klik ikon Google Apps atau aplikasi Google di pojok kanan atas. Anda juga dapat membuka halaman formulir di Google Drive melalui menu yang sama.

Cara Membuat Google Forms

Selanjutnya, cari dan pilih ikon Google Formulir yang tercantum di bawah dari banyak aplikasi Google.

Setelah memilih Google Forms, maka akan muncul halaman yang menampilkan form baru yang ingin Anda buat. Kemudian klik pada opsi

Terletak di pojok kanan atas. Kemudian Anda dapat memberi nama/judul form beserta keterangannya pada kolom pertama seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Selanjutnya, Anda akan melihat kolom pertanyaan di bawah judul dan deskripsi. Anda dapat mengajukan pertanyaan apa pun di kolom ini.

Mengisi Formulir Pendaftaran Online Untuk Jalur Zonasi, Afirmasi Dan Perpindahan Tugas Orang Tua/wali

Setelah pertanyaan dibuat, langkah selanjutnya adalah menentukan format jawaban yang diinginkan. Format jawaban dapat Anda pilih pada kolom kanan kolom soal. Anda dapat melihat pada gambar di bawah ini bahwa terdapat beberapa pilihan jawaban. Mulai dari jawaban singkat, jawaban panjang, pilihan ganda/pilihan hingga kotak centang.

Untuk menambahkan pertanyaan, Anda dapat memilih tanda (+) di sebelah kolom pertanyaan pertama. Selain itu, untuk format jawaban seperti pilihan ganda/pilihan, Anda dapat menambahkannya dengan memilih opsi tambah.

Anda juga dapat mengimpor berbagai jenis media, seperti gambar dan video, dengan memilih ikon di bawah tanda (+).

Selain itu, jika Anda ingin menemukan jawaban atas pertanyaan Anda, Anda dapat mengaktifkan tombol yang diperlukan di pojok kanan bawah setiap pertanyaan. Orang yang mengisi kuesioner tidak akan dapat melanjutkan ke halaman berikutnya jika tidak menjawab pertanyaan.

Panduan Komplit Ppdb Online Menggunakan Google Form

Setelah memasukkan semua poin pertanyaan, Anda dapat melihat pratinjau formulir yang dihasilkan. Caranya klik ikon “mata” di pojok kanan atas. Nantinya halaman tersebut akan tampil seperti saat dibuat, namun dari sudut pandang orang lain. Anda juga dapat mengubah tema atau warna viewport dengan memilih ikon palet warna seperti gambar di bawah ini.

Gampang banget kan guys? Berikut cara membuat Google Form yang bisa langsung Anda coba. Bagi yang ingin menambah skill baru, langsung saja ke akademi skill. Karena Masters Academy memiliki beragam kursus pelatihan dengan materi yang mendalam. Kemudian Anda juga akan belajar dengan guru-guru yang ahli di bidangnya. Jadi tunggu apa lagi, Google adalah alat yang serba guna, terutama jika Anda menjalankan bisnis online. Baik Anda membuat formulir kontak, halaman pencarian, survei, atau daftar undangan, Google Formulir adalah alat untuk semua kebutuhan pengumpulan data Anda. Hanya perlu beberapa menit untuk membuat dengan Google Formulir.

See also  Cara Mengetahui Password Wifi Tetangga Di Android

Google Formulir, Google Dokumen, Google Spreadsheet, dan Google Slide adalah bagian dari aplikasi online Google yang membantu pengguna menyelesaikan berbagai hal secara online secara gratis. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan cara termudah untuk menyimpan data dalam spreadsheet dan aplikasi ini adalah alat terbaik untuk menggunakan Google spreadsheet.

Jika Anda memerlukan program untuk mengumpulkan data untuk spreadsheet Anda, Google Formulir adalah teman terbaik Anda. Bahkan kampus dan sekolah sudah mulai menggunakan Google Forms untuk bekerja atau mengerjakan pekerjaan rumah. Dalam panduan ini, kita akan membahas cara membuat Google Formulir untuk berbagai keperluan dalam hitungan menit.

Tutorial Membuat Formulir Ppdb Online Menggunakan Google Forms

Google Formulir adalah alat komprehensif yang memungkinkan Anda membuat formulir khusus yang kemudian dapat disematkan di laman URL Google. Aplikasi ini adalah cara termudah dan paling efektif untuk mengumpulkan data secara online tanpa memasang formulir di situs web Anda.

Pemasar sering menggunakan formulir untuk mengumpulkan informasi statistik dari klien dan pelanggan. Google Form juga populer digunakan di kalangan siswa dan guru yang menggunakan software ini untuk membuat tugas atau workshop.

Google Formulir terdiri dari dua komponen utama: Formulir Survei dan Google Formulir Terintegrasi. Kesalahan pengelolaan data sangat berkurang dengan mengotomatiskan spreadsheet yang terkait dengan Google Formulir.

Google Form sepenuhnya otomatis untuk memudahkan pengguna. Semua respons dalam format terdistribusi akan diurutkan secara otomatis. Anda juga dapat menggunakan notifikasi email yang muncul saat Anda mengisi formulir.

Kelebihan Google Docs Dan Cara Membuat Google Docs

Mengumpulkan data dari pelanggan sangat penting untuk pertumbuhan bisnis. Jika tidak ada pertanyaan seperti itu

Cara membuat pendaftaran online google form, cara membuat form di google docs, cara membuat form pendaftaran di google docs, cara membuat docs google form di hp, cara membuat form isian google docs, membuat form google docs, membuat pendaftaran online dengan google form, cara membuat form pendaftaran dengan google form, cara membuat form google docs, membuat form pendaftaran dengan google docs, cara bikin docs google form, cara buat docs google form

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *