Cara Membuat Aplikasi Chat Di Android Studio

Cara Membuat Aplikasi Chat Di Android Studio – Face.ID adalah proyek bisnis atau proyek mandiri. Face.ID merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang produk kecantikan, perawatan dan konsultasi masalah kecantikan. Dalam proyek ini saya aktif bekerja sebagai mobile developer karena saya suka mengembangkan aplikasi berbasis ponsel Android dan iOS. Aplikasi seluler Face.ID dirancang menggunakan teknologi Flutter Framework dan bahasa pemrograman Dart. Face.ID memiliki MVP. Pertama, berdasarkan rekomendasi, pengguna dapat menemukan klinik terdekat dan menyelesaikan perawatan. Kedua, pengguna dapat berbicara dengan pakar kecantikan melalui fitur chat.

Aplikasi ini terdiri dari beberapa layar terhubung yang mewakili fitur-fiturnya sendiri, seperti login, registrasi, klinik, dokter, chat, pembelian dan pembayaran produk, pemilihan perawatan dan pengaturan jadwal.

Cara Membuat Aplikasi Chat Di Android Studio

Flutter adalah SDK untuk mengembangkan aplikasi seluler berkinerja tinggi untuk iOS dan Android dari satu basis kode yang dibuat di bawah lisensi sumber terbuka dari Google. Tujuannya adalah untuk memungkinkan pengembang menghadirkan aplikasi berkinerja tinggi. Untuk menggunakan Flutter, developer harus memahami terlebih dahulu konsep OOP (Object Oriented Programming) dalam bahasa pemrograman Dart.

Source Code Aplikasi Chatting Menggunakan Php Mysqli Dan Ajax Jquery

Beberapa software yang harus diunduh dan diinstal terlebih dahulu agar Flutter dapat berfungsi dengan baik, yaitu sebagai berikut:

IDE/text editor (saya bisa menggunakan Visual Studio Code atau Android Studio. Untuk project ini saya menggunakan Android Studio)

PERHATIAN: untuk menginstal semua program pendukung kami mengunduh file yang agak besar. Jadi pastikan Anda menggunakan jaringan internet yang bagus dan kuota yang cukup tentunya

Langkah 2: Setelah pengunduhan selesai, ekstrak file zip dan letakkan di folder atau lokasi instalasi pilihan Anda (misalnya D:/Flutter).

Mengenal Kotlin Untuk Pengembangan Aplikasi Android

Langkah-langkah berikut diperlukan: Buka properti Komputer Saya → tab Lanjutan → variabel lingkungan. Kemudian pilih jalurnya → klik edit. Klik baru di atas → masukkan jalur folder Flutter bin dalam nilai variabel → ok → ok

Langkah 4: Kemudian jalankan perintah doctor $ flutter. Perintah ini berguna untuk memverifikasi bahwa persyaratan pengembangan aplikasi Flutter telah terpenuhi.

Langkah 6: Jika perintah flutter doctor tidak menemukan alat Android SDK di sistem, silakan instal Android Studio IDE terlebih dahulu. Instal Android Studio IDE dengan mengunduhnya dari situs resmi.

Untuk mengembangkan aplikasi seluler, Anda memerlukan alat yang mengkompilasi kode sumber dan kemudian menjalankannya di emulator Android. Android Studio adalah IDE berbasis JavaIDE yang dibuat oleh Jetbrains dan diimpor oleh Google. Pengumuman resmi pertama tentang Android Studio dilakukan pada bulan Mei 2013. Penggunaan Android Studio sebagian besar telah menggantikan Eclipse yang sering digunakan sebagai IDE untuk mengembangkan aplikasi seluler berbasis Android. Saat mengerjakan aplikasi Face.ID, saya menggunakan Android Studio IDE. Agar Flutter SDK berfungsi di Android Studio, Anda harus menginstal plugin Flutter terlebih dahulu di Android Studio.

See also  Cara Mendapat Kuota Gratis Dari My Telkomsel

Membuat Aplikasi Chatbot Simsimi Sederhana Berbasis Android

Tjandra, S. dan Chandra, G.S. (2020). Penggunaan Flutter dan Electron Framework dalam aplikasi gudang dan manajemen pengiriman barang. Jurnal Sistem Informasi, Grafik, Perhotelan dan Teknologi, 2(02), 76-81 Aplikasi chatting merupakan salah satu aplikasi yang sangat populer pada platform mobile baik Android maupun iOS. Dan berikut beberapa contoh format chat yang digunakan pada aplikasi chat.

Sebelum mengikuti artikel ini, pastikan Anda sudah membaca artikel saya sebelumnya yaitu Cara membuat beberapa tipe tampilan di RecyclerView.

Karena tentunya pada artikel ini Anda juga menggunakan metode RecyclerView bertipe multiview. Berikut gambaran analisa desain UI Chat Layout yang kami buat.

Pada gambar diatas terdapat 2 buah chat yang saya soroti dengan warna merah dan hijau, dimana warna merah merupakan pesan dari pengguna lain dan warna hijau merupakan pesan dari anda. Jadi, seperti yang Anda lihat, untuk membuat layout chat seperti gambar, Anda jelas membutuhkan banyak jenis tampilan untuk membuatnya. Pertama, kami menganggap pesan dari pengguna lain sebagai tipe tampilan A dan pesan dari kami sendiri sebagai tipe tampilan B.

Panduan Lengkap Laravel Untuk Pemula Dari Dasar Sampai Membuat Aplikasi Keuangan

Sekarang mari kita buat proyek baru di Android Studio bernama Chat Layout dan buat aktivitas kosong dan biarkan nama filenya menjadi MainActivity.kt dan Activity_main.xml.

Pertama, buat tata letak utama aplikasi Anda di file Activity_main.xml. Ubah sumber di file Activity_main.xml sebagai berikut.

Pada versi di atas, Anda hanya menambahkan RecyclerView. Selanjutnya anda akan membuat 2 layout item disini yaitu item_layout_chat_my_self dan item_layout_chat_user, dimana file item_layout_chat_my_self untuk chatting pesan anda sendiri dan file item_layout_chat_user untuk chatting pesan orang lain. Buat file layout baru bernama item_layout_chat_my_self.xml dan isi dengan kode sumber berikut.

Pada versi di atas Anda hanya menampilkan 2 tampilan teks yaitu TextView yang menampilkan tanggal, waktu dan pesan. Selanjutnya, buat file layout item_layout_chat_user.xml dan isi dengan sumber berikut.

Cara Membuat Aplikasi Content Generator Dengan Gemini Ai

Dan layout diatas hampir sama dengan layout sebelumnya, hanya saja pada layout ini Anda menambahkan ImageView untuk memisahkan pesan dari pengguna.

Pada file template ini, Anda cukup membuat kelas template biasa, yang fieldnya berisi pesan dan tanggal, yang mana kedua field tersebut memiliki tipe data String. Buat file baru bernama Chat.kt dan isi dengan sumber berikut.

See also  Cara Melihat Semua Akun Gmail

Dalam format Activity_main.xml, Anda menggunakan RecyclerView sebagai wadah untuk daftar obrolan yang Anda buat, sehingga secara otomatis Anda memerlukan file adaptor untuk RecyclerView. Buat file baru bernama AdapterChat.kt dan isi dengan kode sumber berikut.

Di file AdapterChat.kt Anda menggunakan tipe multiview. Lalu ada juga tiga viewer yang Anda buat, yaitu ViewHolder (induk) ViewHolderChatItemMySelf (child) dan ViewHolderChatItemUser (child) sebagai container. Di setiap ViewHolder anak Anda mendefinisikan 2 TextView yaitu textViewDateTime dan textViewMessage yang akan Anda gunakan nanti dalam metode ini.

Tips Mengirim Data Antar Activity Di Android Studio

. Selanjutnya anda juga menambahkan 2 parameter pada file AdapterChat.kt yaitu listViewType dan listChat, dimana listViewType merupakan kumpulan data tipe view dan listChat merupakan kumpulan data chat yang akan anda tampilkan pada chat tersebut. Terdapat 2 field statis yaitu VIEW_TYPE_MY_SELF dengan nilai 1 yang artinya kita menganggapnya sebagai tipe tampilan target untuk ViewHolderChatItemMySelf dan VIEW_TYPE_USER dengan nilai 2 kita menganggap ViewHolderChatItemUser sebagai tipe tampilan target.

Sebagai langkah terakhir artikel ini, buka file MainActivity.kt dan isi dengan kode sumber berikut Gemini AI adalah model pembelajaran mesin yang dibuat oleh Google. Android sebagai bagian dari Google mendapat kesempatan untuk melakukan integrasi orisinal dengan Gemini AI! Hal ini memang merupakan kabar baik, apalagi di era kecerdasan buatan saat ini, dimana pengguna mengharapkan aplikasi yang sesuai dengan ekspektasinya dan semakin aktif.

Jika kita lihat gambar di atas, Gemini adalah bagian dari Google AI SDK dimana kita bisa mengintegrasikan AI langsung ke dalam aplikasi kita. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang Android AIcore di sini.

Sebagai salah satu model AI terbaru dan terbaik Google saat ini, Gemini menawarkan sejumlah fitur canggih yang tidak hanya mampu memahami teks, tetapi juga gambar bahkan video. Ada beberapa versi Gemini, antara lain Gemin Ultra yang digunakan untuk tugas kompleks, Gemini Pro untuk tugas besar, dan Gemini Nano untuk tugas kecil seperti menggunakan aplikasi Android dengan integrasi Android AICore.

Localize The Ui With Translations Editor

Setelah sedikit mengenal Gemini AI dan Android AICore, kami akan mencoba membuat sebuah aplikasi interaktif yang nantinya pengguna dapat berinteraksi dengan aplikasi tersebut, seperti menanyakan sesuatu menggunakan teks dan menganalisis gambar, fitur ini sepenuhnya dimiliki oleh Gemini, Jadi yuk mulai langkah-langkah dalam artikel ini!

Saya berasumsi Anda sudah membuat proyek di Android Studio, jadi saya akan melewatkan langkah ini untuk membuatnya lebih sederhana.

Sebelum mengintegrasikan ke dalam aplikasi, pastikan Anda membuat kunci API terlebih dahulu, buat di sini dan masuk dengan akun Google Anda, salin dan tempel, lalu kita akan mengonfigurasinya di sana proyek Android Gradle seperti pada modul berikut – Gradle kode tingkat.

See also  Ad Art Koperasi Simpan Pinjam Karyawan

Viewmodel adalah bagian dari Android Jetpack, kami menggunakannya untuk mengelola data dan memperbarui data untuk kebutuhan UI. Berikut adalah model tampilan yang saya buat

Cara Membuat Aplikasi Android Sendiri, Mudah Untuk Pemula

. Ini berarti bahwa properti malas akan diinisialisasi (menggunakan lambda yang disediakan) hanya ketika properti tersebut pertama kali dipakai, berikut adalah contoh kodenya.

Mewakili satu percakapan dan mencakup jenis pesan (“Terkirim” atau “Diterima”), teks perintah, dan daftar gambar (jika ada).

Kita akan melanjutkan dengan fungsi tujuan pesan untuk menampilkan setiap tujuan pesan yang muncul. Kita mulai dengan membuat konfigurasi untuk menampilkan setiap tujuan pesan.

Dan langkah terakhir adalah menampilkan konten teks dalam format kartu dengan sudut dan batas yang sesuai. Saat pesan masuk, pesan tersebut akan menggunakan warna latar belakang tema. Jika pesan dinonaktifkan, maka pesan tersebut akan menggunakan warna latar belakang utama tema. Animasi konten berukuran teks juga digunakan

Messaging Apps Menggunakan Spring Boot, React, Kafka, Dan Websocket

Dan ini adalah kombinasi dari semua kode MainActivity, ini jelas bukan pendekatan yang baik, tapi kami berasumsi bahwa kami masih membuat aplikasi sederhana, sehingga alur aplikasi dapat dimengerti lebih penting untuk pembelajaran

Sekarang coba luncurkan aplikasinya dan Anda dapat mulai mengobrol dengan Gemini dengan aplikasi yang Anda buat!

Selamat, Anda telah membuat aplikasi Android dengan modul Gemini AI! Jelajahi lebih lanjut, jemput pemula! Intinya langkah membuat aplikasi Android tidak sesulit yang Anda bayangkan. Dari langkah pertama hingga aplikasi siap digunakan, Anda bisa mempelajari semuanya dengan mudah dan cepat.

Namun, Anda tetap perlu mengetahui cara kerjanya terlebih dahulu. Setiap langkah proses pengembangan memerlukan wawasan dan ketelitian untuk memastikan aplikasi Anda bekerja secara optimal. Jika Anda ingin mengembangkan aplikasi Android, artikel inilah yang Anda butuhkan!

Mengenal Jenis Layout Pada Android Studio

Untuk

Cara membuat aplikasi berita di android studio, cara buat aplikasi chat di android studio, cara membuat aplikasi di android studio, membuat aplikasi chat di android studio, membuat aplikasi di android studio, cara membuat aplikasi webview di android studio, cara membuat aplikasi travel di android studio, aplikasi chat android studio, membuat aplikasi chat android studio, cara membuat aplikasi galeri di android studio, android studio open whatsapp chat, cara membuat aplikasi sederhana di android studio

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *